Monday 4 January 2016

Serba-serbi Tahun Baru



Sejarah Tahun Baru Masehi

Kartu Ucapan Selamat Tahun Baru Tahun 1881 - bbc.co.uk images

Perayaan Tahun Baru Awal

Catatan awal mengenai perayaan Tahun baru dimulai dari 4000 tahun yang lalu pada zaman Babilonia Kuno. Dimana pada waktu itu, bulan baru pertama pada akhir bulan Maret, dijadikan sebagai permulaan Tahun Baru. Mereka mengadakan festival besar disebut Akitu. Terdapat bermacam-macam ritual yang berlangsung selama 11 hari. Selain merayakan Tahun Baru, Atiku juga merayakan mitologi kemenangan Dewa Marduk – Dewa Langit Orang Babilonia atas Tiamat – Dewi Laut yang jahat.
Sejak zaman dahulu, peradaban di seluruh dunia berusaha mengembangkan kalender yang baik, biasanya meletakkan hari pertama dari Tahun Baru berdasarkan pada pertanian atau kejadian alam semesta. Misalnya di Mesir memulai awal perhitungan Tahun Baru pada banjir tahunan Sungai Nil. Bertepatan dengan mulai munculnya bintang Sirius.Sedangkan Tahun Baru Tiongkok, terjadi pada awal musim semi – bulan kedua setelah festival Dong Zhi atau Winter Solstice.


1 Januari sebagai Hari Tahun Baru

Kalender Romawi  kuno  yang bermula sejak berdirinya Kota Roma pada abad sekitar 713 SM oleh Romulus dan Remus. Kalender Lunisolar tersebut memulai awal tahun pada musim semi. Jatuh pada bulan-3 penanggalan Masehi.  Dengan nama bulan yaitu Martius (Bulan - 1), Aprilus (Bulan-2), Maius (Bulan-3), Junis (Bulan-4), Quintilis ( bulan ke-5), Sextilis (bulan ke-6), September (bulan ke-7), October (bulan ke-8), November ( bulan ke-9), December ( bulan ke-10). Satu tahun terdiri 10 bulan dengan jumlah hari sebanyak 304 hari.

Kalender Romawi kuno yang berisi 10 bulan kemudian disempurnakan oleh Kaisar Numa Pompilius ( 700 SM) menjadi 12 bulan dengan penambahan bulan Ianuarius dan  Februarius. Ditempatkan di awal bulan Martius. Bulan Martius menjadi bulan ke-3.

Tahun 46 SM, pemerintahan Kaisar Romawi bernama Julius Caesar mengubah jumlah hari per bulan dan perhitungan tahun kabisat. Total terdapat  364 hari per tahun. Kalender Julius Caesar ini dikenal sebagai Kalender Julian.  Kalender ini menjadi cikal bakal dari Kalender Gregorian atau dikenal dengan Kalender Masehi yang telah secara luas digunakan di seluruh dunia. Kalender Masehi merupakan penyempurnaan kalender Julian yang masih terdapat ketidaksesuaian sebesar 10 hari terhadap musim.

 Kalender Masehi yang dipergunakan saat ini, jatuh pada tanggal 1 Januari sebagai Hari Tahun Baru. Perayaan ini dimulai dari Malam Pergantian Tahun Baru pada malam tanggal 31 Desember. Ini merupakan hari terakhir dari Kalender Masehi. Tradisi umum dengan pesta bersama - makan dan minum, membuat resolusi tahun baru dan menonton pesta kembang api. Tahun Baru dijadikan hari libur nasional di berbagai negara.

Resolusi Tahun Baru.

Resolusi Tahun Baru adalah tradisi umum dimana seseorang akan berjanji untuk melakukan tindakan perbaikan diri yang akan dimulai pada Hari Tahun Baru.Diperkirakan telah dilakukan pada zaman Babilonia Kuno, yang meminta agar para Dewa memberkati pada tahun yang baru dengan berjanji untuk melunasi hutang dan mengembalikan peralatan pertanian yang telah dipinjam.
Beberapa resolusi Tahun Baru yang populer:
-       Meningkatkan kualitas fisik: menurunkan berat badan, berolahraga teratur, konsumsi makanan yang sehat, mengurangi minum alkohol, dan berhenti merokok.
-       Meningkatkan kualitas mental: berpikir positif, lebih sering tersenyum, menikmati hidup, dan mengontrol emosi.
-       Meningkatkan kesejahteraan keuangan: hidup sederhana, mulai berinvestasi, bebas dari berhutang.
-       Meningkatkan karier: memperoleh promosi jabatan, dan membangun bisnis sendiri.
-       Meningkatkan kualitas di bidang pendidikan: berprestasi dalam belajar, mendapatkan kualitas pendidikan yang lebih baik, belajar bahasa asing, rajin belajar, membaca buku, mengembangkan bakat, dan lulus sekolah atau wisuda.
-       Meningkatkan pencapaian pribadi: bertunangan , menikah, punya anak, pergi berlibur, hidup lebih spiritual, banyak bergaul, menjadi relawan, teman baru, dan waktu keluarga yang berkualitas.
Menurut Frank Ra ( penulis buku resolusi Tahun Baru “ A Course in Happiness) dan James Gwee ( salah satu coach acara I’m Possible – Metro Tv) , resolusi Tahun Baru akan berhasil jika resolusi tersebut kita mengetahui apa tujuannya, mengapa kita harus melakukannya, bermanfaat bagi orang lain dan memberi tahukan resolusi Tahun Baru tersebut agar dapat saling memberikan dukungan. Serta tidak lupa, kita mencari orang yang berkompeten yang dapat membantu kita.

Kartu Ucapan dan Kartu Pos Tahun Baru
Kartu Ucapan
Meriahnya perayaan Tahun Baru, membuat orang-orang menciptakan kartu ucapan selamat tahun baru. Ucapan yang diberikan berupa harapan dan doa tentang kebahagiaan, kesehatan, dan kesuksesan. Dimaksudkan menjadi titik awal perubahan, motivasi dan semangat pendorong menuju perubahan di masa mendatang.
Pengiriman Kartu ucapan  bertujuan untuk mempererat hubungan dan bentuk ungkapan perasaan .Terkadang kartu ucapan terdapat pula dalam karangan bunga, parsel dan kado.
Kartu ucapan Tahun Baru dapat berupa kartu ucapan standard, kartu ucapan foto, kartu ucapan design khusus, kartu ucapan musik, dan kartu ucapan pesan elektronik.
Awal mula kebiasaan mengirim ucapan dari tradisi Imlek Tiongkok kuno dan orang Mesir yang mengirim pesan dalam bentuk gulungan papyrus.
Kartu ucapan pertama kali diperkenalkan di Inggris oleh seorang seniman bernama John Calcot Horsley  pada tahun 1843 yang membuat kartu natal pertama. Di dalam kartu tertulis ucapan terkenal hingga sekarang yaitu “ A Merry Christmas and A Happy New Year To You”.Dilengkapi dengan lukisan gambar-gambar yang indah.Sekarang kartu ucapan diiringi juga dengan kalimat motivasi.

Kartu pos
Kartu Pos tema Tahun Baru - wikipedia.org images
Kartu pos adalah selembar kertas tipis berbentuk segi empat . Satu sisi untuk menulis dan sisi lainnya berupa tema gambar. Kartu pos berfungsi mengirim pesan tanpa amplop. Biaya yang dikenakan lebih murah dibandingkan dengan mengirim surat
Sampai saat ini, di Jepang  masih ada kartu pos yang bertema Hari Tahun Baru (年賀状 - nengajō) yang digunakan sebagai kartu ucapan.

Ucapan Harapan Tahun Baru

Buka Hati ada damai,
Buka mata ada terang
Buka kasih ada sukacita,
Buka SMS ada Ucapan Selamat Tahun Baru 2016.
Semoga semua harapan yang tertunda bisa terwujud di tahun 2016 ini..

Tahun baru semangat baru,
Tahun lalu biarlah berlalu.
Walau hati di rundung pilu,
Mari kita sambut tahun baru.

Tahun ini hampir usai terlalui, belumlah tergores coretan berarti, belumlah setiap gagasan menjadi nyata, konsep masih terdokumenkan. Padahal telah berada dipenghujung, meski akan terlewati, semoga ada perubahan, dalam lembaran baru. Selamat tahun baru 2016..

Ucapan Selamat Tahun Baru dalam Berbagai Bahasa

Selamat Tahun Baru – Happy New Year adalah ucapan selamat untuk pergantian tahun baru yang sudah umum kita dengar. Dalam ucapan tersebut terkandung harapan agar memperoleh hal yang lebih baik di tahun baru. Ucapan selamat tahun baru dapat kita temui dalam berbagai bahasa di dunia.
Beberapa contoh ucapan tersebut antara lain:

Arab                                      : كل عام وأنتم بخير
Afrika                                    : Gelukkige Nuwe Jaar
Albania                                 : Gëzuar vitin e ri
Belanda                                : Gelukkig Nieuwjaar
Belarusia                              : З новым годам - Z Novym Hodam
Bulgaria                                : Честита нова година - Chestita Nova Godina
Ceko                                      : Šťastný Nový Rok
Denmark                             : Godt Nytår
Estonia                                 : Head Uut Aastat
Filipina                                  : Manigong Bagong Taon
Finlandia                              : Hyvää Uuttavuotta
Hongaria                              : Boldog újévet
Inggris                                   : Happy New Year
Indonesia                            : Selamat Tahun Baru
Irlandia                                 : Sona
India                                      : नया साल मुबारक हो - Nayā Sāla Mubāraka Hō
Italia                                      : Buon Anno
Iran                                        : Saleh Now Mobarak
Irak                                        : Sanah Jadidah                                
Jepang                                  : あけましておめでとう- Ake Mashi Te Omedetō
Jerman                                 : Frohes Neues Jahr
Kroasia                                 : Sretna Nova Godina
Korea                                    : 새해 많이 받으세요 - Saehae Bog Manh-i Bad-Useyo
Kamboja                              : Soursdey Chhnam Tmei
Latvia                                    : Laimīgu Jauno Gadu
Lithuania                              : Laimingų Naujųjų Metų
Macedonia                         : Среќна нова година - Sreḱna Nova Godina
Malaysia                              : Selamat Tahun Baru
Maltese                               : Is-sena t-tajba
Norwegia                            : Godt Nytt år
Prancis                                  : Bonne Année
Persia                                    : سال نو مبارک
Portugal                               : Feliz Ano Novo
Rumania                              : An Nou Fericit
Rusia                                     : С новым годом - S Novym Godom
Serbia                                   : Срећна нова година - Srećna Nova Godina
Slowakia                              : Šťastný nový rok
Slovenia                               : Srečno Novo Leto
Spanyol                                : Feliz año Nuevo
Swedia                                 : Gott Nytt år
Somalia                                : Iyo Sanad Cusub Oo Fiican
Tiongkok ( Sederhana)         : 新年快 - Xīn Nián Kuài Lè
Tiongkok (Tradisional)         : 新年快樂 - xīn nián kuài lè
Thailand                               : สวัสดี ปี ใหม่ - s̄wạs̄dī pī h̄ım̀
Turki                                      : Yeni Yılın Kutlu Olsun
Ukraina                                 : З новим роком - Z Novym Rokom
Vietnam                               :  Chúc mừng năm mới
Wales                                    :  Hapus Flwyddyn Newydd
Yunani                                  :  Ευτυχισμένο το νέο έτος - Ef̱tychisméno To Néo étos

Oleh: …( Vau-G/www.bapang007.blogspot.com)

Referensi:

1.          ^ Kalender Masehi; langitselatan.com; langitselatan; diakses tanggal 23 Desember 2015, jam 10.16 WIB.
2.          ^ New Year; wikipedia.org; diakses tanggal 21 Desember 2015, jam 22.57 WIB.
3.          ^ New Year’s; history.com; diakses tanggal 2 Januari 2016, jam 20.55 WIB.
4.          ^ Kalender Julius; wikipedia.org; diakses tanggal 23 Desember 2015, Jam 10.06 WIB.
5.          ^ Kalender Gregorius; wikipedia.org; diakses tanggal 23 Desember 2015, jam 10.05 WIB.
6.          ^ Kalender; wikipedia.org; diakses tanggal  23 Desember 2015, jam 10.04 WIB.
7.          ^ Tahun Baru; wikipedia.org; diakses tanggal 21 Desember 2015, jam 22.44 WIB.
8.          ^ Masehi; wikipedia.org; diakses tanggal 23 Desember 2015, jam 08.48 WIB.
9.          ^ New Year’s Resolution ; wikipedia.org; diakses 2 Januari 2016, jam 19.46 WIB.
10.      ^ Resolusi Tahun Baru; wikipedia.org; diakses 29 Desember 2015, jam 21.28 WIB.
11.      ^ Isnaeni, Hendri ; Merdeka Kartu Lebaran; historia.id; diakses tanggal 2 Januari 2016, jam 21.15 WIB.
12.      ^ New Year Card; wikipedia.org;  diakses tanggal 2 Januari 2016, jam 21.19 WIB.
13.      ^ Postcard; wikipedia.org; diakses tanggal 2 Januari 2016, jam 20.55 WIB.
14.      ^ New Year Card 1881; bbc.co.uk; BBC A History of The World; diakses tanggal 2 Januari 2016, jam 21.06 WIB.
15.      ^ Greeting Card; wikipedia.org; diakses tanggal 2 Januari 2016, jam 20.43 WIB.
16.      ^ Kartu Ucapan; wikipedia.org; diakses tanggal 2 Januari 2016, jam 20.44 WIB.
17.      ^ Mengenal Kartu Ucapan Selamat Tahun Baru; anneahira.com; diakses tanggal 2 Januari 2016, jam 21.26 WIB.
18.      ^ Kumpulan kata ucapan tahun baru 2016 lucu unik romantis; detikindonesia.com; diakses tanggal 29 Desember 2015, jam 21.35 WIB.
19.      ^ Ucapan “Selamat Tahun Baru” Berbagai Bahasa di Dunia; zons.wordpress.com; Zon Saja a.k.a Zons Aja; diakses tanggal 29 Desember 2015, jam 21.08 WIB.
20.      ^ Selamat Tahun Baru Dalam Berbagai Bahasa; anneahira.com; diakses tanggal 29 Desember 2015, jam 22.04 WIB.

1 comment: