Friday 1 January 2016

Malam Pergantian Tahun Baru Masehi di Bangka

Malam Tahun Baru - bangkatour.com images
Malam pergantian Tahun Baru, menjadi malam yang istimewa bagi kebanyakan orang. Dalam acara Malam Tahun Baru di Bangka, biasa dirayakan dengan kumpul-kumpul bersama keluarga, kenalan maupun saudara. Baik yang diadakan sendiri maupun oleh pemerintah daerah. Ada juga yang merayakan di beberapa kawasan wisata, hotel, maupun pusat keramaian.

Kawasan wisata di daerah Kabupaten Bangka diadakan di Pantai Tanjung Pesona dan Parai Tenggiri- Sungailiat.

Di Pantai Tanjung Pesona terdapat acara pertunjukan kembang api, atraksi barongsai, dan penampilan artis-artis Ibukota. Sedangkan pantai Parai Tenggiri menyuguhkan artis dangdut Ibukota, pertunjukan sulap , fire dance dan tak lupa pesta kembang api.

Di Kabupaten Bangka Barat, perayaan pergantian Tahun Baru dipusatkan di  Pantai Batu Rakit. Pada tahun-tahun sebelumnya, selalu ramai dikunjungi walaupun hujan.

Pantai Pasir Padi, kelurahan Air Itam Kota Pangkalpinang, pada malam pergantian tahun baru sering menjadi tempat perayaan. Sayang pada tahun baru 2016 ini, Pantai Pasir Padi  tidak mengadakan acara untuk menghibur masyarakat di malam pergantian tahun baru.

Hotel – hotel di Bangka juga mengelar acara pergantian malam tahun baru seperti  Hotel Grand Hatika yang mengusung tema Festival Topeng.

Jagung manis bakar menjadi menu favorit selama perayaan. Banyak penjual yang menjajakan jagung manis di Bangka. Para petani telah mempersiapkan 3 bulan sebelumnya untuk menanam dan dipanen menjelang akhir bulan Desember.

Tahun ini, malam tahun baru yang jatuh pada malam Jum’at, The Kompak ( Komunitas Pemuda Kemuja) di Desa Kemuja, Kecamatan  Mendobarat, Kabupaten Bangka mengadakan doa bersama. Pada detik-detik pergantian Tahun, diadakan pelepasan lampion yang berisi cita-cita dan harapan dengan sepenggal kalimat,  “ Masa lalu itu adalah sejarah,  hari ini adalah goresan,  hari esok adalah harapan. Selamat datang Tahun Baru 2016. Seiring dengan perginya Kenangan, Mari kita menyambut Harapan.”

Perjalanan baru telah dimulai di Tahun Baru 2016. Banyak kenangan, pelajaran dan pengalaman yang telah kita dapatkan di Tahun Lama 2015. Bapang Bangka 007 mengucapkan terima kasih kepada seluruh keluarga, teman, saudara, pelanggan, mitra dan lainnya yang tidak dapat disebutkan satu demi satu atas dukungan selama ini.

Semoga di Tahun Baru 2016 ini, kita semua memperoleh kesehatan-kekuatan prima, cita-cita dapat terwujud, hidup makmur, keberuntungan, kesuksesan dan berbahagia selalu…
Selamat Datang Harapan, Semangat dan Tantangan Baru. Selamat Tahun Baru 2016…( Vau-G/www.bapang007.blogspot.com)

Referensi:
1.          ^ Malam Tahun Baru Ini Parai dan Tanjung Pesona Laris Manis, bangka.tribunnews.com, Bangka Pos, diakses tanggal 29 Desember 2015, Jam 20.19 WIB.
2.          ^ Pantai Batu Rakit Menjadi Salah Satu Tempat Merayakan Malam Tahun Baru, bangka.tribunnews.com, Bangka Pos, diakses tanggal  31 Desember 2015, Jam 16.38 WIB.
3.          ^ Ada Festival Topeng di Grand Hatika di Malam Tahun Baru, bangka.tribunnews.com, Bangka Pos, diakses tanggal 29 Desember 2015, Jam 20.54 WIB.
4.          ^ Rayakan Tahun Baru Jagung Manis Laris Manis, bangka.tribunnews.com, Bangka Pos, diakses tanggal  31 Desember 2015, Jam 16.15 WIB.
5.          ^ Tidak Ada Acara Hiburan Malam Tahun Baru di Pantai Pasir Padi Pangkalpinang, bangka.tribunnew.com, Bangka Pos, diakses tanggal 31 Desember 2015, Jam 16.43 WIB.
6.          ^ Tahun Baru, The Kompak Yasinan dan Lepas Lampion, bangka.tribunnews.com, Bangka Pos, diakses tanggal  1 Januari 2016, Jam 17.20 WIB.




1 comment: