Friday 12 January 2024

Titik Keramaian Malam Tahun Baru 2024 Pangkalpinang


Jl. Jendral Sudirman Malam Tahun Baru 2024 [dok. pribadi]


Perayaan malam tahun baru 2024 di Pangkalpinang dapat dilihat di beberapa area seperti di Alun-Alun Taman Merdeka, Jembatan Emas dan Pantai Pasir Padi. Terdapat pula acara di hotel seperti Hotel Bangka City dan Hotel Swiss Belhotel. Kali ini, Masjid Agung Kubah Timah yang telah berdiri mengadakan pengajian dan doa bersama pada malam tahun baru 2024 yang dihadiri oleh PJ Walikota Pangkalpinang Lusje Anneke Tabalujan . Masyarakat yang duduk di pelataran Mesjid, sambil menikmati jajanan makanan dan minuman UMKM Alun-Alun Taman Merdeka, menunggu pesta kembang api, teriring pula pengajian, sangatlah menjadi pengalaman yang menarik.

Alun-Alun Taman Merdeka [dok. pribadi]


Alun-Alun Taman Merdeka biasa menyajikan kuliner khas nusantara dan wahana permainan anak-anak. Puluhan gerobak hingga tenda warung dapat ditemui di kawasan ini pada malam tahun baru 2024.

Pada kesempatan ini terdapat zoom virtual meeting bersama Kapolri, Panglima TNI, dan Menteri Perhubungan di Alun-Alun Titik Nol Kilometer kota Pangkalpinang. 

Jembatan Emas Malam Tahun Baru 2024 [ dok. pribadi]



Malam penggantian tahun baru 2024 juga dirayakan di Jembatan Emas. Ramai pengunjung menanti pergantian tahun baru. Jajanan yang tersediapun cukup lengkap. Para pengunjung dapat memarkirkan mobil dan kendaraan di sepanjang jalan di Jembatan Emas. Bebas menggelar tikar dan duduk. Hanya penghubung jembatan tersebut terangkat pada saat malam pergantian tahun baru. Sehingga pengunjung dari kota Pangkalpinang tidak dapat langsung melintasi untuk masuk ke Pantai Kuala. 

Beda dengan Hotel. Swiss Belhotel Pangkalpinang mengangkat tema The Atlantis Kingdom dengan nuansa ruangan biru laut dan hiasan biota laut. Pemandu acara berkostum bajak laut, mermaid, ikan nemo dan awak kapal. Tema ini terinspirasi daerah kepulauan dari Bangka Belitung yang dikelilingi laut dan keanekaragamannya. Terdapat photo booth, band performance, dramatical, konsultasi tarot, cosplay dan berbagai aneka makanan dan minuman yang disajikan. Doorprize pun berupa satu unit sepeda motor. 

Bangka City Hotel merayakan malam tahun baru dengan konsep Black and White. Warna hitam melambangkan masa-masa sulit selama covid-19. Sedangkan white melambangkan tahun 2024 yang telah normal. Terdapat acara live band, magician, komedi, dance. Terdapat 30 menu makanan seperti es campur, tekwan, gorengan, kentang goreng, siomay, mie ayam, dan berbagai aneka BBQ. Undian dengan hadiah utama kulkas. 

Daftar Pustaka 

1. Gelar Pengajian dan Doa Bersama di Malam Tahun Baru 2024, Lusje Ajak Makmurkan Masjid Kubah Timah; Bangkapos.com; Diakses tanggal 1 Januari 2024, jam 16.18 WIB 

2. 11 Tempat seru di Pangkalpinang Untuk Berakhir Pekan dan Menghabiskan Malam Tahun Baru – Halaman 4; Bangkapos.com; Diakses tanggal 1 Januari 2024, jam 16.24 WIB 

3. Nuansa Alam Bawah Laut Warnai Malam Perayaan Tahun Baru 2024 di Swiss Belhotel Pangkalpinang; Bangkapos.com; Diakses tanggal 1 Januari 2024, jam 16.25 WIB.

4. Rayakan Malam Tahun Baru, Bangka City Hotel Gelar Black And White New Year Eve 2024; negerilaskarpelangi.com; Diakses tanggal 9 Januari 2024, jam 19:57 WIB. 5. Kakansar Pangkalpinang hadiri giat pengamanan malam tahun baru bersama Kapolda dan Forkopimda Babel. Babel.antaranews.com; Diakses tanggal 10 Januari 2024, jam 21.14 WIB.

No comments:

Post a Comment