Wednesday 28 May 2014

Penataan Meja Makan orang Korea

Sudah pernah mengunjungi restoran Korea? atau sedang ingin menjamu tamu Korea? Anda dapat belajar bagaimana cara orang Korea menata meja makan mereka.

Sebagian besar makanan Korea terdiri dari sayur-sayuran dan makanan laut.Walaupun ada juga yang menggunakan daging babi. Kimchi sebagai salah satu makanan korea yang terbuat dari sayur-sayuran mendapat predikat ," World's Healthiest Food."

Untuk menata makanan, orang Korea memiliki aturan. Di Korea dikenal 3 jenis sup yaitu sup kuah yang lebih kental (국 - Guk) disajikan dengan kuah yang tidak terlalu banyak. 찌개 - Jjigae adalah sup yang kuahnya lebih cair dan ringan saat dimakan. Sup yang hampir sama dengan Guk disebut 탕 - t(h)ang. Ketiga sup ini menjadi sajian wajib selain nasi dan kimchi.

Semua makanan yang disajikan selain nasi dan sup adalah makanan yang di makan secara bersama-sama. Beragam lauk diletakkan di tengah - tengah meja, dengan saus terletak di antara lauk dan nasi.Peletakkan lauk dan sayur memiliki aturan. Makanan yang berkuah dan bersifat panas terletak di kanan. Sedangkan makanan tanpa kuah dan tidak terlalu panas diletakkan di sebelah kiri. Untuk Kimchi dan asinan terletak di tengah-tengah meja.


.
Sumber: http://mykoreanstudies.wordpress.com

No comments:

Post a Comment