Tuesday 20 May 2014

Manfaat Ikan

Sepanjang tahun, ikan merupakan salah satu bahan pangan yang digemari oleh masyarakat di seluruh dunia.Orang Jepang dan Eskimo mengkonsumsi ikan paling banyak di dunia. Selain memiliki rasa yang enak, bahan pangan ini memiliki harga yang cukup terjangkau. Ikan kaya akan sumber protein, vitamin, mineral dan berkalori rendah. Ilmu kedokteraan telah mencatat bahwa hampir semua jenis ikan  memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh ahli gizi dan kesehatan, ada 5 manfaat ikan yang baik untuk kesehatan tubuh manusia yaitu:

1. Mengurangi kadar kolesterol LDL. Kandungan lemak jenuh pada ikan lebih rendah sehingga dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam darah.Sehingga resiko meningkatnya kadar kolesterol LDL akan kecil pada mereka yang rajin mengkonsumsi ikan.

2. Mengurangi resiko serangan jantung dan stroke.Hal ini dikarenakan pada ikan mengandung asam lemak tak jenuh yaitu jenis asam lemak omega 3 (eicosapentaenoir) - EPA.

3. Meningkatkan kecerdasan otak. Asam lemak omega 3 dipercaya mampu meningkatkan daya kerja dan kualitas kecerdasaan pada otak.Sehingga sangat baik untuk diberikan pada anak-anak supaya kemampuan dalam berpikir lebih baik dan cerdas.

4. Mengurangi peradangan dan nyeri sendi.

5. Mengandung DHA yang sangat baik bagi janin ibu hamil.Dimana janin akan lebih sehat dan tahan terhadap serangan bakteri dan virus.

Sumber : www.nurfalah.com



No comments:

Post a Comment