Tuesday 20 May 2014

Kulit Tahu atau Kembang Tahu

Kulit Tahu (Tofu Skin) atau dikenal dengan nama kembang tahu diperoleh endapan yang terkumpul di permukaan air.dalam proses perebusan kedelai. Kembang tahu memiliki bermacam-macam bentuk dengan kegunaan yang berbeda-beda. Kita dapat dengan mudah mendapatkan kembang tahu di berbagai supermarket maupun di toko-toko kelontong.



Kembang tahu berbentuk lembaran tipis, kering, berwarna kecoklatan dan akan melunak jika direndam ke dalam air. Di Jepang, kembang tahu dikenal dengan nama yuba. Selain menggunakan kacang kedelai, dapat pula menggunakan kacang hijau.

Beberapa jenis kembang tahu yang dapat ditemukan di pasaran, yaitu:
1. Gohyong adalah kembang tahu yang tipis dan lembut, lentur dan mudah dibentuk. Bisa dipakai tanpa direndam di dalam air. Biasa untuk kulit dari fukian, kekian, ngohiong, ekado, rolade, lumpia dan siomay.

2. Kembang tahu batangan yang bergulung-gulung dan dalam kondisi kering. Sehingga memerlukan direndam di dalam air panas hingga mengembang, dipotong sesuai selera, lalu dimasukkan ke dalam tumisan cap cay, sup iga dan isian kroket. Untuk masakan vegetarian, dapat untuk menggantikan ayam suwir, dikarenakan hampir memiliki tekstur yang sama.

3. Kembang tahu simpul digunakan untuk tambahan isi sup udang atau kimlo.

4. Kembang tahu lembaran tebal yang umum terdapat di pasaran. Direndam dalam air sampai merekah, dipotong-potong, lalu dimasukkan ke dalam campuran masakan cap cay. Memiliki 2 macam rasa yaitu kembang tahu tawar (warna lebih kuning) dan kembang tahu manis (warna coklat tua dan lebih tebal).


Sumber: http://dapurpunyaku.blogspot.com
               www.tabloidnova.com
  

No comments:

Post a Comment