Thursday 29 May 2014

Etiket Jamuan Makan Orang Jepang


Dalam budaya Jepang, jamuan makan selalu diikuti dengan tata cara yang lebih formal dan sopan meliputi cara makan dengan sumpit, sikap tubuh dan cara duduk. Datanglah tepat waktu juga menjadi bagian dari budaya Jepang.

A. Sebelum makan, orang Jepang akan mengucapkan "Itadakimasu" dan "Gochisosama Deshita" setelah makan.Dengan atau tanpa mencakupkan kedua tangan di dada.Salam ini sebagai ungkapan terimakasih kepada makanan.

B. Jamuan makan Jepang diselenggarakan dalam ruangan bernama Tatami yaitu ruangan gaya tradisional Jepang yang beralaskan tikar bambu tanpa kursi. Para tamu diharuskan melepas alas kaki, tapi masih boleh menggunakan kaos kaki. Sikap tubuh saat duduk adalah dengan duduk diatas dua telapak kaki yang ditekuk.

C. Sumpit dipegang dengan bagian runcing di bawah dan bagian lebar di atas.Ada kalanya menggunakan bagian lebar yang diatas untuk mengambil hidangan makanan bersama ( jika tidak tersedia sumpit untuk hidangan makanan bersama ).Makanan diambil menggunakan sumpit dengan cara dijepit, tidak dengan menusuk makanan tersebut. Letakkan sumpit di samping kanan mangkok.

D. Jangan menancapkan sumpit secara vertikal di atas nasi. Hal ini tabu, karena mirip dupa yang ditancapkan pada kendi dalam upacara pemakaman Jepang.

Sumber: www.slideshare.net

No comments:

Post a Comment