Monday 14 April 2014

Aneka Roti

Aneka jenis Roti:


1. Baguette
                Bentuknya yang panjang dan kurus,dikenal juga sebagai  French Stick.Sejenis roti dari Perancis yang terkenal di seluruh dunia.Disajikan dengan diiris menyerong dan dimakan bersama dengan sup.



2.Ciabatta
                Roti tradisional dari Italia yang panjang bulat dan pipih.Dibuat dengan minyak zaitun, bertekstur ringan, berongga dan berkulit yang renyah serta bertepung.




3. Roti Jagung
                Dibuat dari tepung biji jagung dengan aroma yang khas dan warna kekuningan.Tekstur roti lembut tapi kenyal.Cocok untuk sandwich.Kadang-kadang ditaburkan biji jagung di atasnya.



4. Roti Whole wheat
                 Dibuat dari tepung gandum,Roti ini tinggi protein,kaya akan serat dan vitamin.Berwarna coklat karena mengandung serealin yaitu lapisan luar yang terdapat pada sereal.



5. Focaccia
                 Roti pipih dari daerah Tuscany, Italia.Disajikan langsung dari oven.Dihidangkan sebagai makanan ringan bersama saus spaghetti.



6. Bun Hamburger
                  Roti untuk barbeque. Biasanya untuk membuat Hamburger yang terkenal di Amerika. Merupakan roti berisi irisan daging dan sayuran. Awalnya pertama kali, roti ini dikenal di kota Hamburg-Jerman. Sehingga disebut dengan Harmburg.


7. Bun Hotdog

                  Dibuat dari tepung gandum halus dengan tekstur di dalam lembut.Apabila dibakar memiliki tekstur yang renyah. Dipergunakan untuk membuat Hotdog. Berisi sosis daging dan sayuran.



8. Roti Bantal Pearl Barley
                  Mempunyai tekstur yang kenyal, sedikit renyah dengan bahan utama barley.



9. Roti Bantal Kismis Oatmeal
                  Mengandung kismis tanpa biji, telur dan susu manis.Tekstur lembut dengan tambahan gandum sehingga kaya akan serat.


 
10. Roti putih
                  Jenis roti yang paling terkenal.Tekstur yang halus, diperkaya dengan vitamin, kalsium dan zat besi.Dibuat dari tepung gandum halus.


11. Roti Wild Berries
                   Dibuat dengan berry kering.Memiliki rasa yang khas dengan taburan berry.Dapat dimakan dengan cara dibakar atau dengan olesan mentega.




12. Roti Pita
                   Berbentuk segi empat, tipis dan mengembang jika dipanaskan.Dibuat dengan campuran bahan rosemary, taim dan oregano, sehingga roti ini menjadi harum.Bagian atas dan bawah dapat dengan mudah dipisahkan dengan isi rasa pedas.Disajikan dengan hummus dan taramsalata.


Roti Bagel---thehappeningbagelbakery.co.uk images


13. Roti Bagel
                  Roti berbentuk cincin mirip donat. Berasal dari bahasa Ibrani “beygi”. Terbuat dari adonan tepung terigu dan ragi yang direbus di dalam air sebelum dipanggang. Diciptakan di Wina – Austria tahun 1683 sebagai persembahan untuk Raja Polandia.

Roti tortilla--healthyhispanicliving.com images
 14. Roti Tortilla
                  Roti berbentuk tipis dan lebar yang berasal dari Meksiko.Tortilla berarti kue bundar. Dibuat dari tepung jagung tanpa ragi.

Roti Chapati--alternativa-za-vas.com images
 15. Roti Chappati
                  Roti tipis yang dimakan bersama dengan kari. Biasa dikonsumsi di Asia Selatan seperti India dan Pakistan.

Roti Buaya---mantenhouse.com images
 16. Roti Buaya
                  Roti manis berbentuk buaya, digunakan dalam acara pernikahan tradisional masyarakat Betawi di Jakarta-Indonesia.

Roti Morrocan---taste.com.au images
17. Roti Moroccan                   Roti bundar yang besar berasal dari Maroko. Dimakan dengan disobek dan dicelupkan dalam makanan berkuah.

Roti Mantou---yireservation.com images

18. Roti Mantou
                   Roti kukus khas Cina dengan tekstur yang lembut. Mantou menjadi makanan pokok di Cina bagian Utara yang dibuat dari tepung terigu, air dan ragi.

Roti Croissant---cakehousedesserts.com images
19. Roti Croissant
                   Roti khas Prancis. Pertama kali roti ini dibuat di Budapest tahun 1686. Roti ini dibawa ke Prancis oleh Ratu Marie Antoinette (1755-1793).

Roti Sandwich---grotecompany.com images
20. Roti Sandwich
                   Roti Sandwich adalah dua helai roti yang berisi daging dan sayur. Roti ini dibuat atas permintaan seorang penjudi yang bernama John Montagu Earl of Sandwich di Inggris. Untuk mempersingkat waktu makan, maka dibuatlah roti ini.((Vau-G/www.bapang007.blogspot.com)

Referensi:
1.       ^ Yanuarti, Mitha, Roti dari Zaman Purba sampai Masa Kini, Agro Media Pustaka, 2008.


 

No comments:

Post a Comment