Saturday 29 March 2014

Khasanah Babi Panggang Dunia

Babi Panggang Bangka atau Sau Cu ( 燒豬 - Shao Zhu ) adalah salah satu makanan khas Bangka. Sau Cu 燒豬 artinya Babi Panggang. Sau Cu 燒豬  menjadi konsumsi kalangan Tionghoa di Bangka dan telah menjadi oleh-oleh khas Bangka.

Sau Cu  燒豬 Bangka memiliki cita rasa yang sangat khas,hasil kreasi orang Hakka (khek) Bangka  客家邦加 dengan bumbu dan sambal yang unik.Inilah yang membedakannya dengan babi panggang dari daerah lain.

Beberapa Babi Panggang dari berbagai Negara:
1. Lechon - Filipina
         Lechon adalah babi yang dipanggang di atas arang dengan saos yang dibuat dari hati ayam yang dicampur dengan cabai, cuka dan bawang putih. Babi panggang merupakan makanan utama setiap ada acara perayaan di Filipina seperti  ulang tahun, pernikahan  dan perayaan natal. Dengan tekstur kulit renyah,daging lembut dan lezat, sangat menggoda menggigit daging ini selagi panas. Pada saat perayaan seperti Natal, wajib memesan 2 minggu sebelumnya.



2. Char Siu - Cina
             Char Siu yang berarti dipanggang/dibakar di garpu, dimana daging babi tanpa tulang dibakar di api terbuka atau di oven. Daging babi dibumbui dengan madu, rempah-rempah, tahu fermentasi dan anggur beras.Teksturnya berkilauan karena diolesi dengan madu.
3. Spannferkel - Jerman
            Babi panggang khas jerman yang menggunakan babi berumur 6 minggu  dengan berat 12-20 kg sehingga menghasilkan tekstur yang halus dan lembut.Disajikan di perayaan Oktoberfest yang diselenggarakan di Munich yang berlangsung selama 16 hari (dimulai dari minggu terakhir bulan September-awal minggu bulan Oktober).


4. Leitão - Portugal
               Babi panggang khas Portugal yang berasal dari babi muda.Biasa disajikan untuk merayakan perayaan tradisional  Bairrada.


5. Cochinillo Asado - Spanyol
           Cochinillo Asado adalah masakan babi panggang Spanyol yang terkenal terutama di daerah Castile.Juga populer di daerah Madrid dan Mancha.Dipanggang dalam wadah tanah liat dan disajikan secara panas.Pasangan paling pas untuk masakan ini adalah wine.




No comments:

Post a Comment