Monday 28 December 2015

Perayaan Tahun Baru di Berbagai Negara

Perayaan Tahun Baru - millfallsmarketplace.com images

Dalam Kalender Masehi, Malam Tahun Baru yang dikenal juga dengan Hari Tahun Lama adalah hari terakhir dalam setahun. Jatuh pada tanggal 31 Desember. Dalam tradisi Barat, Malam Tahun Baru dirayakan dengan refleksi akhir tahun, pesta hingga larut malam, kumpul keluarga dan kenalan, tukar kado, menonton pesta kembang api, menghitung detik-detik pergantian tahun baru, kumpul di pusat acara publik dan keramaian. Diisi pula dengan kegiatan menari, makan, dan minum
Sejumlah kota besar merayakan pesta bersama di lapangan terbuka. Negara yang paling cepat merayakan pergantian tahun yaitu Kiribati dan Samoa. Yang paling akhir adalah Honolulu, Hawai.

Istilah Malam Tahun Baru di beberapa negara

-       Hogmanay          : Skotlandia
-       Calennig               : Wales
-       Silvester               : Austria, Bosnia Herzegovina, Kroasia, Republik Ceko, Prancis, Jerman, Hongaria, Israel, Italia, Polandia, Slovakia, dan Swiss.
-       Reveillon             :  Kanada, Belgia, Brazil, Portugal, Rumania.
-       Novyy God         : Rusia dan Ukraina


Pesta malam tahun baru di berbagai negara

Kanada
Di Kanada, perayaan Malam Tahun Baru merupakan kesempatan untuk bertemu keluarga dan menikmati hidangan makanan lezat. Pesta Malam Tahun Baru ini dikenal dengan Reveillion. Pusat keramaian berada di distrik Byward Market – Ottawa dan pelabuhan tua Montreal.  Sementara di wilayah pedesaan Quebec, memiliki kebiasaan memancing ikan di tengah es dan minum-minum bersama hingga pagi.

Amerika Serikat
Pesta pergantian tahun diselenggarakan di New York yang berpusat di Times Square. Acara penghitungan detik-detik pergantian tahun disiarkan lewat televisi jaringan nasional. Sejak tahun 1907, tradisi pergantian tahun ditandai dengan penurunan bola raksasa dari atap One Times Square pada pukul 11:59 PM. Diturunkan dari ujung tiang setinggi 43 meter dalam waktu 60 detik. Bola yang terbuat dari Waterford Crystal dengan diameter 3,7 m dan berat 5.386 Kg. Dari kejauhan bola tersebut dapat terlihat karena dihias lampu-lampu.

London
Di Inggris, perayaan dipusatkan di Jam Big Ben (Westminster Clock Tower). Pada detik pergantian tahun, orang-orang bergandengan tangan dalam bentuk cincin dan menyanyikan lagu Auld Lang Syne
Tidak jauh dari Jam Big Ben, terdapat atraksi kembang api di area London Eye yang dipadu harmonis dengan pertunjukan di Jam Big Ben. Perayaan Malam Tahun Baru di Inggris  akan dilanjutkan sampai keesokan hari tanggal 1 Januari dengan Parade Hari Tahun Baru. Parade ini mulai diadakan sejak tahun 1987.

Perancis
Malam Tahun Baru (la Saint-Sylvestre) yang diselenggarakan di Perancis adalah pesta dengan sajian hidangan spesial seperti foie gras, tiram dengan minuman champagne.
Terdapat tradisi unik pada Hari Tahun Baru (le Jour de l'An) yaitu saling menukar resolusi dan harapan tahun baru di antara lingkungan keluarga dan teman.
Masa liburan akan berakhir pada tanggal 6 Januari yang bertepatan dengan perayaan Epiphany (Jour des Rois). Sebuah kue tradisional yang terbuat dari 2 lembar puff pastry dengan isi pasta almond. Untuk yang beruntung, di dalam kue akan menemukan feve- boneka porselen kecil. Yang beruntung akan  diberi kesempatan menjadi raja atau ratu yang mengenakan mahkota kertas emas.Dan  bebas untuk menentukan pasangan sebagai partner raja atau ratu. Tradisi ini akan berlangsung sampai 2 minggu.

Jerman
Pesta kembang api sangat populer di Jerman pada pesta perayaan Malam Tahun Baru -Silvester.   Ada aturan hanya selama 4 hari sejak tanggal 31 Desember, kembang api boleh diperjualbelikan di Jerman. Perayaan Malam Tahun Baru dipusatkan di Gerbang Brandenburg. Diiringi ritual toast dengan segelas sekt ( minuman anggur bersoda khas Jerman).

Sejak tahun 1972, setiap Malam Tahun Baru, beberapa stasiun televisi Jerman menyiarkan drama komedi singkat dalam bahasa Inggris yang berjudul Dinner for One. Sketsa komedi bertajuk “ Prosedur yang Sama Setiap Tahun”.  Tajuk ini telah menjadi frase yang populer di Jerman.
Ada tradisi Malam Tahun Baru lainnya seperti menyentuh sapu cerobong asap, mengoleskan abu di kening untuk keberuntungan dan kesehatan. Tak lupa hidangan makanan khas berupa  donut diisi selai (ada atau tanpa campuran alkohol).


Rusia
Tahun baru merupakan salah satu tradisi penting di Rusia. Orang Rusia percaya jika ada tamu pertama yang datang (terlebih yang tidak terduga) adalah laki-laki, maka tahun itu akan menjadi tahun yang baik. Orang-orang Rusia  berusaha untuk memulai tahun baru tanpa berhutang.

Tradisi umum di Rusia adalah “mengucapkan selamat tinggal kepada tahun yang lama” dengan mengingat peristiwa penting  yang telah terjadi dalam 1 tahun terakhir. Ada tradisi lainnya yaitu mendengarkan dentangan jam Kremlin sebanyak 12 kali yang diiringi oleh lagu kebangsaan. Selama 12 detik terakhir menjelang pergantian tahun baru, orang akan diam dan membuat harapan-harapan yang akan ingin dicapai di tahun baru. Setelah itu, mereka akan minum champagne , makan hidangan yang lezat dan menonton konser  di televisi

Skotlandia
Pergantian tahun baru ditandai dengan meriam yang ditembakkan dari Kastil Edinburgh diikuti  pesta kembang api.  Perayaan Tahun Baru dikenal dengan nama Hogmanay . Terdapat beberapa kebiasaan unik seperti Pijakan Pertama, yaitu memberikan hadiah berupa minuman wiski.
Edinburgh sebagai Ibukota Skotlandia merupakan salah satu tempat yang memiliki perayaan Malam Tahun Baru yang terkenal.  Berpusat di sepanjang jalan Princes Street. Festival perayaan Tahun Baru mulai diselenggarakan dari tanggal 28 Desember sampai  tanggal 2 Januari.
Dua kota kecil Skotlandia, Stonehaven dan Comrie, merupakan tuan rumah festival api yang terkenal Pertunjukan bola api raksasa yang diayunkan oleh peserta  parade. Pertunjukan ini sangat menarik minat pengunjung dari seluruh dunia.
Lagu Auld Lang Syne yang terkenal berasal dari negeri ini.Diciptakan oleh penyair Skotlandia bernama Robert Burns.

Brazil
Salah satu perayaan yang paling meriah di Brazil adalah malam tahun baru (Véspera de Ano Novo). Diisi dengan hidangan makanan yang lezat, minum champagne , dan memakai pakaian warna putih. Warna ini dipercaya sebagai simbol keberuntungan dalam tahun yang baru. Pantai Copacabana di Rio de Janeiro memiliki pertunjukkan kembang api yang terkenal di dunia.
Sedangkan di  Kota Sao Paulo diselenggarakan Saint Silvester Marathon (Corrida De Sao Silvestre) yang melintasi jalan antara Paulista Avenue dan Pusat Kota.


Australia
Australia - bbc.com images
Perayaan terbesar di Australia diadakan di Sydney. Setiap tahun terdapat 2 pertunjukan yaitu pesta Kembang Api Keluarga ( jam 21.00) dan pesta Kembang Api Tengah Malam. Pesta diadakan di Jembatan Pelabuhan Sydney dengan perpaduan lampu dan musik.  Dikenal dengan “ Bridge Effect” yang menampilkan berbagai simbol dan gambar yang berkaitan dengan tema yang diusung.
Di Melbourne, kota ini memiliki pertunjukan seperti di Sidney. Dipusatkan di Yarra RiverFederation Square, dan Docklands.  Kembang api diluncurkan dari kapal sepanjang sungai dan gedung-gedung pencakar langit.

Hong Kong
Di Hong Kong, orang-orang biasa berkumpul di Central, Causeway Bay dan Tsim Sha Tsui untuk merayakan dan melihat lampu-lampu malam sepanjang pelabuhan pada saat perayaan Malam Tahun Baru.
Pada tahun 2008, terdapat acara 60 detik perhitungan mundur menuju Tahun Baru yang berlangsung di Two International Finance Centre yang dimeriahkan oleh pesta kembang api dan pertunjukkan  Symphony of Lights.

Jepang
Hari terakhir dalam setahun dikenal dengan istilah Ōmisoka (大晦日?)  atau Ōtsugomori (大つごもり?) . Ada tradisi “Toshi Koshi – melewatkan tahun” dirayakan dengan berkumpul bersama keluarga. Diisi dengan kegiatan makan Soba dan Ikan Sarden.
Terdapat pula tradisi menyambut Dewa Tahun Baru – Toshigami (年神)  dengan tidak tidur hingga pagi hari. Orang yang tertidur, dipercaya rambutnya menjadi beruban. Orang akan membersihkan rumah dan mempersiapkan Kadomatsu atau Shimenawa untuk menyambut Dewa sebelum Malam Tahun Baru. Kuil-kuil Buddha membunyikan genta sebanyak 108 kali pada tengah malam berdasarkan tradisi Joya no Kane (除夜の鐘).

Sebagian kota besar di Jepang menyelenggarakan konser, perhitungan mundur menjelang Tahun Baru, dan pesta kembang api pada Malam Tahun Baru. Pusat acara diadakan di Shibuya dan Zojoji Temple. Orang berkumpul di Kuil Zojoji untuk melepaskan balon beserta keinginan yang ingin dicapai. Terdapat pula pertunjukan  cahaya  di  Tokyo Tower dan Tokyo Skytree.
Sejak tahun 1951, disiarkan Kohaku Uta Gassen ( Red and White Song Battle ) pada Malam Tahun Baru. Kompetisi musik yang terdiri dari 2 team musisi terkenal. Pemenang lomba ditentukan oleh juri dan penonton

Uni Emirat Arab
Burj Khalifa - alarabiya.net images
Di Dubai, Uni Emirat Arab, pesta Kembang Api Tahun Baru di Jumeirah Beach dan Menara tertinggi di dunia yaitu Burj Khalifa. Pesta Kembang Api di Burj Khalifa adalah salah satu yang termahal di dunia. Memecahkan Guinness World Records dengan rekor penampilan pesta kembang api terbesar di dunia. Terdapat 70.000 LED panel dipasang melilit menara . Permainan cahaya laser melintas di angkasa disertai komposisi musik dan tarian air mancur di kaki Menara Burj Khalifa.

Malaysia

Ambang Tahun Baru, adalah perayaan Malam Tahun Baru yang disponsori oleh pemerintah yang diadakan di Dataran Merdeka, Kuala Lumpur.  Terdapat  koreografi tarian tradisional, lagu, parade marching band, dan pertunjukan pesta kembang api.
Pusat perayaan Malam Tahun Baru terdapat pula di KLCC Park yang dekat  pusat perbelajaan Suria KLCC dan Menara Kembar Petronas. Diadakan konser musik  yang diakhiri dengan pesta kembang api di Menara Kembar Petronas.
Changkat Bukit Bintang adalah salah satu tempat yang paling ramai dalam pesta Malam Tahun Baru. Terdapat pertunjukan musik seperti house music, electro dance, pop, trance dan hip hop yang menemani para pengunjung pada waktu pergantian Tahun Baru.

Indonesia
Monas;Jakarta - viva.co.id images
Malam tahun baru dirayakan dengan bergadang dan konvoi berkeliling kota menggunakan kendaraan bermotor. Terompet merupakan alat tiup yang khas pada waktu malam pergantian tahun baru di Indonesia. Tak lupa terdapat sajian konser musik, pertunjukan kembang api, dan penghitungan mundur menuju Tahun Baru. Monas dan Pantai Ancol biasa menjadi pusat pesta Malam Tahun Baru.

Lagu Khas Malam Tahun Baru

Beberapa lagu yang populer terkait dengan Malam Tahun Baru yang dengan mudah dapat kita temukan dalam siaran radio maupun televisi  yaitu:

-          “Auld Lang Syne” oleh Robert Burns;
-          “Happy New Year” oleh ABBA;
-          “ Imagine” oleh John Lennon;
-          “It Was a Very Good Year” oleh Frank Sinatra;
-          “It’s Just Another New Year’s Eve” oleh Barry Manilow;
-          “Let’s Start the New Year Right” oleh Bing Crosby;
-          “New Year’s Day” oleh U2;
-          “Same Old Lang Syne” oleh Dan Fogelberg;
-          “Let’s Spend This New Year’s Eve At Home” oleh Christi Bauerlee;
-          “Kiss Me at Midnight” by ‘N Sync 


Tahukah Anda?

Bayi Tahun Baru
Bayi yang lahir pada Hari Tahun Baru biasa disebut Bayi Tahun Baru. Beberapa rumah sakit di Amerika , memberikan hadiah untuk bayi pertama yang lahir di rumah sakit pada saat Tahun Baru. Hadiah ini sering disumbangkan oleh perusahaan swasta berupa perlengkapan kebutuhan bayi seperti susu bayi, selimut, popok dan kupon berhadiah dari toko-toko perlengkapan bayi.


Karikatur  Tahun Baru.

Sebuah karikatur terkenal  yang menggunakan simbol Bayi dan Ayah. Tahun Lama ( digambarkan dengan seorang Ayah) yang memakai selendang  dengan tulisan angka Tahun yang Lama, sedang  memberikan tugasnya kepada Tahun Baru ( digambarkan dengan seorang Bayi). Bayi tersebut menggenakan selendang dengan angka Tahun yang Baru…( Vau-G/www.bapang007.blogspot.com)


Referensi:
1.          ^ New Year’s Eve, wikipedia.org, diakses tanggal 25 Desember 2015, Jam 10.09 WIB
2.          ^ Malam Tahun Baru, wikipedia.org, diakses tanggal 21 Desember 2015, Jam 22.49 WIB
3.          ^ New Year’s Day, wikipedia.org , diakses tanggal 26 Desember 2015, Jam 08.45 WIB.
4.          ^ Pesta Kembang Api Tahun Baru 2015, bbc.com, diakses tanggal 24 Desember 2015, Jam 22.17 WIB.
5.          ^ Seluruh Dunia merayakan Tahun Baru 2015, bbc.com, diakses tanggal 21 Desember 2015, Jam 22.59 WIB.
6.          ^ Baby New Year, wikipedia.org, diakses tanggal 27 Desember 2015, Jam 21.38 WIB.
7.          ^ Bola Times Square, wikipedia.org, diakses tanggal 27 Desember 2015, Jam 21.01 WIB.
8.          ^ Dubai brings in 2015 with light dan sound display, english.alarabiya.net, Al Arabiya News, diakses tanggal 27 Desember 2015, Jam 22.36 WIB.
9.          ^ 5 Best Places to Celebrate New Year in Kuala Lumpur, kuala-lumpur.ws, diakses tanggal 27 Desember 2015, Jam 20.47 WIB.
10.      ^ 5 Tradisi Perayaan Tahun Baru di Indonesia, citizen6.liputan6.com, Liputan 6, diakes tanggal 27 Desember 2015, Jam 20.44 WIB.


1 comment: