Friday 27 June 2014

Peralatan Makan Orang Cina (Bag.2)

2. SENDOK BEBEK
Untuk menyantap sup atau hidangan berkuah, menggunakan sendok bebek yang terbuat dari porselen. Sendok bebek diletakkan diatas piring alas mangkuk sup. Selain itu, ada sebuah sendok bebek yang diletakkan di atas meja. Sendok ini digunakan untuk meletakkan sisa-sisa duri dan tulang pada saat menyantap hidangan ikan. Sendok ini bisa langsung didekatkan ke mulut saat Anda akan membuang duri ikan.
 
 
3. MANGKUK SUP
Sup disajikan secara individual dalam mangkuk sup kecil. Mangkuk diletakkan di atas sebuah piring bundar. Untuk menyantapnya, gunakan sendok bebek.
 
 
4. MANGKUK NASI
Dalam jamuan makan Cina yang semua hidangannya disajikan di tengah meja, setiap tamu akan disajikan semangkuk nasi putih yang diletakkan di sebelah kiri atas piring makan. Mangkuk nasi bentuknya mirip mangkuk sup, tapi ukurannya lebih kecil.
Bagi bangsa Cina, nasi merupakan simbol kehidupan dan kesuburan. Saat menyantap nasi, tangan kanan memegang sumpit dan tangan kiri memegang mangkuk nasi yang dibawa mendekati mulut. 
 
5. CAWAN TEH
Teh tak kalah penting dalam jamuan makan Cina. Fungsinya sama dengan segelas air putih yang disajikan pada jamuan makan Barat. Sambil menyantap hidangan, masing-masing tamu disajikan secawan teh hangat yang diletakkan di sebelah kanan atas dari piring makan.
Umumnya teh disajikan tawar tanpa penambahan pemanis. Teh disajikan untuk melunturkan cita rasa yang tertinggal di mulut, sehingga Anda siap menyantap dan menikmati hidangan selanjutnya. Saat hendak menyeruput secangkir teh, pegang piring alas cangkir dengan tangan kiri sementara tangan kanan memegang cangkir. Bawa keduanya beriringan mendekati mulut.
 
6. TEMPAT SAUS
Tempat saus berisi kecap asin selalu tersedia di atas meja. Fungsinya sebagai pelengkap. Tak perlu ragu untuk langsung mencelupkan potongan makanan Anda, karena saus tersebut disajikan untuk masing-masing tamu.
 
7. SERBET DAN LAP BASAH
Pada jamuan makan Cina yang diadakan di resto Cina,  disediakan serbet dan lap basah yang digunakan untuk membersihkan tangan dari kotoran yang melekat sebelum Anda bersantap.
 
                                                                                                                                                          Sumber:  http://echysharing.blogspot.com

No comments:

Post a Comment