Friday 27 June 2014

Peralatan Makan Orang Cina ( Bag. 1)

1. Sumpit

          Sumpit diciptakan oleh  bangsa Cina sejak 5.000 tahun yang lalu. Dalam masyarakat Cina, makan bersama dianggap sebagai sarana mempererat tali persaudaraan dan kesempatan berkumpul. Sehingga penggunaan alat makan yang tajam harus dihindari.
  Bentuk sumpit Cina sedikit berbeda dengan sumpit yang digunakan di Jepang. Sumpit Cina ujungnya agak tebal dan persegi, tidak seruncing sumpit Jepang. Sumpit harus ditaruh di atas sandaran sumpit yang diletakkan di samping piring makan, dengan posisi ujung yang lebih runcing di atas. Setelah digunakan untuk menyantap satu hidangan, sumpit yang sama dapat digunakan untuk menyantap hidangan yang lain.

  Di Cina, semua kegiatan saat makan, termasuk menyantap nasi, menggunakan sumpit sebagai alat bantu. Hal yang perlu diketahui, pada saat menyantap hidangan dari ikan. Jika ikan sudah selesai disantap pada salah satu bagian sisinya, jangan pernah membalikkan ikan dengan sumpit. Menurut kepercayaan, jika ikan tersebut patah, maka hidup Anda akan mengalami banyak masalah.

 Pada saat makan, jangan sampai terdengar suara berisik dari sumpit yang beradu dengan mangkuk atau piring.
  
                                                                                                                                                               Sumber: http://echysharing.blogspot.com  

No comments:

Post a Comment