Wednesday 28 May 2014

Tabu selama Jamuan Makan ( Bagian 2 )

Lanjutan mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu:

6. Jika anda melakukan kesalahan, seperti menumpahkan air minum atau menjatuhkan alat makan.Janganlah panik, segera meminta maaf dengan tamu yang duduk disekeliling dan panggil waiter untuk membersihkannya.

7. Apabila ada hidangan yang disajikan dengan sumpit, makanlah dengan posisi kepala agak menunduk agar tidak berjatuhan.Jangan menusuk dengan sumpit, atau mengembalikan makanan yang telah diambil.

8. Jangan mengambil makanan yang berlebihan.Ambil secukupnya.Silahkan tambah lagi, jika anda menginginkannya.

9. Usahakan tidak meninggalkan meja selama jamuan berlangsung.Jika terpaksa dan akan kembali lagi, mintalah izin dan letakkan serbet makan  di dudukan kursi.Sebagai tanda akan kembali lagi.

10. Merokok sebaiknya dilakukan jika semua tamu telah selesai menyantap hidangan penutup. Biasa dilakukan pada saat digestif drink.

11.Usahakan  tidak menggunakan tusuk gigi di meja makan. Dapat melakukannya di toilet. Jika terpaksa, tutup mulut dengan serbet makan atau telapak tangan sebelah kiri.

12. Di akhir jamuan, sampaikan pujian kepada tuan rumah atau pihak penyelenggara, seperti makanannya lezat atau suasan pestanya meriah. Ucapkan terima kasih dengan senyuman dan berpamitlah.



Sumber: http://budiboga.blogspot.com

No comments:

Post a Comment