Saturday 24 May 2014

Kiat-kiat dalam Jamuan Makan Internasional - Hidangan Pembuka


Dalam jamuan makan internasional, peralatan makan sudah diset-up sesuai dengan menu makanan yang disajikan. Standard penyajian peralatan makan, di depan anda akan ada show plate, piring besar yang tidak dipergunakan untuk makan tetapi berfungsi untuk pemanis meja makan, menempatkan serbet, dan sebagai alas piring saji.

Tahap pertama, setelah anda duduk, silahkan buka serbet makan, dan letakkan di atas pangkuan. Jika ukurannya terlalu besar, gunakan separuhnya saja. Gunakan alat-alat makan dari posisi paling luar (posisi paling jauh dari piring), ambil berpasangan dari sebelah kiri dan kanan.Kecuali pisau, garpu dan sendok dessert yang ditaruh diatas piring hidangan utama (main course).

A. Hidangan pembuka (appetizer)
Sebelum hidangan pembuka dihidangkan, di B&B plate (Bread & butter plate- piring roti dan mentega) telah disajikan roti-mentega, dinner roll, soft roll atau brioche. Roti ini disantap dengan mentega sambil menunggu hidangan pembuka berupa salad atau sup tiba. Jangan menyantapnya menggunakan pisau dan garpu.Tetapi menggunakan tangan dengan menyobek roti ukuran sekali suap, diolesi dengan butter ( jika tersedia).

Pada jamuan hidangan lengkap, menu pembuka dibagi menjadi 2 yaitu hidangan pembuka dingin (cold appetizer) berupa aneka salad, shrimp cocktail atau cold canape ( sandwich kecil yang disajikan dingin). Cara memakannya dengan menggunakan pisau di tangan kanan, dan garpu di tangan kiri. Dengan ukuran garpu dan pisau lebih kecil dibandingkan untuk hidangan utama.

Giliran selanjutnya adalah hidangan pembuka panas ( hot appetizer) dengan makanan berupa aneka sup. Alat hidang yang digunakan adalah mangkuk kecil dengan 2 telinga dan sendok sup ( bertangkai pendek dan berujung bulat). Sendoklah sup , lalu di hirup dari sisi tepi sendok. Jika sudah hampir habis, miringkan mangkuk sup.Bila sup terasa panas, jangan meniupnya, tetapi aduklah perlahan-lahan, menunggu hinggap panas sup sudah berkurang. Dapat menghirup sup dari mangkuk, jika mangkuk tersebut memiliki telinga. Setelah selesai, letakkan sendok di atas alas cup sup (saucer), agar lebih mudah diambil oleh pelayan.

Sumber: http://budiboga.blogspot.com



No comments:

Post a Comment