Monday 28 April 2014

Sosis Khas Dunia

1. Sosis Bratwurst

Bratwurst adalah sosis khas Jerman yang dibuat dari daging sapi atau daging babi.Berasal dari bahasa Jerman "brat" berarti daging cincang dan "wurst" berarti sosis.Bratwurst biasanya diolah dengan di panggang, digoreng, atau dengan  kaldu dan bir. Bumbu yang dipakai adalah kapulaga, pala, merica dan lain-lain.Disajikan dengan spicy mustard, sauerkaut ( sejenis kol) dan salad kentang. Bratwurst biasa disajikan dengan bir.



2. Sosis Domba

Populer di Wales dan  daerah Timur Tengah dengan cita rasa yang ringan. Dapat dengan mudah dikonsumsi setiap saat dengan dicampur dengan daun bawang, mint dan rosemary. Pasangan minuman bir yang tepat  adalah Breconshire Welsh Pale Ale .


3. Sosis Italia

Salah satu sosis yang pedas di dunia.Dibuat dari daging babi dengan bumbu lada dan cabai. Sosis Italia sangat cocok dicampur dengan saus spaghetti. Bir yang tepat dengan sosis ini adalah  Peroni Gran Riserva.





4. Sosis Knockwurst

Dinamai demikian karena ketika dibuat menimbulkan bunyi berderak. Knockwurt dari daging sapi atau babi dengan bawang putih segar dimasukkan ke dalam kulit sosis.Sangat nikmat dikonsumsi bersama sauerkraut.



5. Sosis Krakowska

Bentuknya yang tebal berasal dari salah satu kota yang ramai Krakow,Polandia.Sejak ratusan tahun lalu, sosis ini telah lama dinikmati.Dibuat dari daging babi tanpa lemak dengan bumbu lada, ketumbar dan bawang putih. Cocok dimakan dengan bir Żywiec Full Light.

6. Sosis Chorizo

Chorizo adalah sosis nikmat dari Spanyol. Rasa pedas dari daging babi cincang kasar, paprika merah dengan bumbu garam.Sering dijadikan sebagai menu pembukaan dengan roti dan salad segar. Cocok dengan bir Mahou Clásica.


7. Sosis Merguez

Merguez merupakan salah satu sosis terbaik di dunia khas Afrika Utara. Dengan daging sapi atau domba dibumbui dengan harissa dan pasta cabai merah ( cabai yang terkenal di Algeria maupun Tunisia)
Bir yang cocok adalah Celtia.








8. Sosis Cumberland

Dengan bentuk khas disajikan spiral.Sosis cumberland berasal dari Inggris cocok untuk sarapan pagi.Dengan tambahan telur dadar, kacang polong dan bumbu lada hitam.Bir yang cocok adalah 
Maredsous Belgium Abbey.



9. Sosis Bockwurst

Diciptakan di salah satu restoran di Jerman pada tahun 1889. Dibuat dari daging sapi dan babi. Disajikan mantap dengan bumbu garam, lada putih, paprika dan bawang putih.



Sumber: http://www.askmen.com
              http://beritakami95.blogspot.com

No comments:

Post a Comment