Wednesday 16 April 2014

Penemuan Oven Microwave

Oven Microwave ditemukan secara tidak sengaja oleh  Le Percy Lebaron Spencer pada tahun 1946 di
Boston;Amerika. Beliau memiliki 120 hak paten atas penemuannya. Spencer dilahirkan dari keluarga petani di pedesaan di kota kecil Howland, Maine; Amerika Serikat. Pada umur 7 tahun, Spencer kecil sudah hidup mandiri. Karena Ayahnya telah meninggal dunia.

Pada umur 12 tahun, Spencer sudah mulai bekerja dan mulai tertarik pada dunia listrik. Pada tahun 1930, Spencer bekerja pada perusahaan Raytheon Corp.Disinilah ia belajar mengembangkan sistem radar dan tabung vakum magnetron.Berkat kerja keras dan ketekunannya, Spencer berhasil memajukan perusahaan.

Atas keberhasilannya, Spencer menerima gelar kehormatan Doctor Honoris Causa dari Universitas MIT dan berhasil terdaftar dalam Inventors Hall of Fame.



Penemuan dari oven microwave bermula ketika sedang bekerja di dekat magnetron yang sedang aktif, coklat yang tersimpan di saku celananya menjadi meleleh.Lalu dicoba pada jagung dan telur. Dari percobaan ini dapat disimpulkan bahwa gelombang elektromagnetik mikro yang dipancarkan oleh magnetron dapat membuat bahan makanan menjadi lebih cepat matang. Akhirnya mulailah dirancang oven microwave.

Oven Microwave yang pertama diberi nama Radarange dengan berat 400 kg dan sebesar kulkas.Harga yang ditawar seharga 5000 dollar.Sehingga yang dapat menggunakannya hanya restoran.

Sekarang microwave sudah dapat digunakan oleh masyarakat umum dengan harga yang lebih terjangkau.

Sumber: www.engineeringtown.com dan berbagai sumber.

No comments:

Post a Comment