Saturday 16 May 2015

Kebiasaan Adat Buang Air Kecil Masyarakat Bangka



Tatkala sudah sangat mendesak untuk urusan buang air kecil, maka dengan terburu-buru di sembarangan tempat yang dirasakan aman seperti pohon besar dan semak-semak, orang akan membuang air kecil di situ.


Di Bangka, kebiasaan ini memiliki ritual untuk menghindari terkena “tulah / kutukan” akibat buang air kecil di sembarangan tempat, tanpa permisi terlebih dahulu. Diyakini beberapa tempat tertentu, dihuni  oleh makhluk yang kasat mata (tidak terlihat oleh mata). Oleh karena itu ada mantra yang diucapkan terlebih dahulu sebelum buang air kecil. Mantra itu berbunyi,” Kek-Nek, Cucu permisi numpang kencing” (Kakek-Nenek, Cucu permisi menumpang buang air kecil). Jika sudah selesai buang air kecil, kita mengucapkan,” Kek-Nek, terimakasih.

Apabila mantra ini tidak diucapkan, kadangkala “perabotan” yang bersangkutan akan menjadi bengkak. Konon ini akibat kena tulah/kutukan oleh  makhluk yang kasat mata, penghuni area tersebut.Bila sudah terkena tulah/kutukan tersebut, memerlukan bantuan “orang pintar” untuk menetralisir tulah/kutukan tersebut.

Kebiasaan adat permisi pada waktu akan buang air kecil secara di sembarangan tempat tentu memiliki arti yang baik. Dengan diucapkan terlebih dahulu, kita menunjukkan rasa hormat dan sopan terhadap makhluk yang kasat mata yang tinggal di tempat tersebut.

Selain hal itu, tidak diperbolehkan juga untuk buang air kecil secara sembarangan di tempat yang terkena sinar matahari langsung (di bawah terik matahari). Hal ini dapat berakibat hal yang sama. “Perabotan” yang bersangkutan akan menjadi bengkak. Secara adat Bangka, perlu ditangani dengan meniup “perabotan” yang bengkak menggunakan "Fo Thung" ( pipa yang biasa dipergunakan untuk meniup api supaya membesar, pada tungku masak yang menggunakan kayu.

Namun terlepas dari akibat yang terjadi, seyogianya kita tidak boleh sembarangan buang air kecil di tempat terbuka. Karena hal ini tidaklah sopan, mengotori kebersihan dan kesehatan lingkungan. Kita harus menjaga etika dan kebersihan dengan membuang air kecil di WC atau toilet yang telah disediakan.(Vau-G/http://bapang007.blogspot.com)


No comments:

Post a Comment